Sunday, July 29, 2012

UKG (Uji Kompetensi Guru) Pentingkah???


Seperti diketahui, UKG Guru atau Uji Kompetensi Guru yang diselenggarakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) ini merupakan suatu upaya yang digunakan sebagai pemetaan kompetensi guru untuk peningkatan kemampuan dan perbaikan kualitas pendidikan agar kualitasnya meningkat dan dapat mensukseskan pendidikan nasional. UKG uji kompetensi guru sendiri akan dilaksanakan secara bertahap, UKG untuk guru bersertifikat pendidik secara bertahap dimulai pada bulan Juli 2012 sampai dengan bulan September 2012. Sedangkan untuk guru yang belum bersertifikat pendidik akan dimulai pada tahun 2013.

Pertanyaannya..... Pentingkah UKG tersebut dilaksanakan???
JAWABANNYA adalah PENTING, tentu penting karena jabatan guru itu profesi.

Artinya, guru itu harus punya keahlian, yaitu keahlian dalam membelajarkan siswa. Karena itulah profesi guru itu dihargai oleh pemerintah. Maka, tidaklah salah kalau saat ini guru harus diuji kompetensinya untuk hanya mengetahui sejauh-mana guru memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.
 
maka dari itu sebagai bentuk kewajiban dan prosedural, Kepala Sekolah dan Guru-guru dari  SDN Pasir Bagade pun ikut serta melaksanakan UKG tersebut yaitu Nunung Nurbiyanti, S.Pd selaku Kepala Sekolah pada tanggal 01 Agustus 2012 disusul keesokan harinya tanggal 02 Agustus 2012 oleh guru-guru yaitu Ajum, S,Pd.SD, Ijar, S.Pd.SD dan Titin Watini, S.Pd.SD.



Pedoman UKG 2012 dan Kisi-kisi UKG 2012 klik disini
Latihan On Line Uji Kompetensi Pedagogik klik disini
Latihan UKG Online klik disini

0 komentar:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung di blog ini.